SUNGAI MUSI KOTA PALEMBANG

Sungai Musi ini anjangnya 460 km membelah propinsi Sumatera Selatan dari Timur ke Barat yang bercabang-cabang dengan delapan anak sungai besar yaitu :

1.Sungai Komering

2.Sungai Ogan

3.Sungai Lamatang

4.Sungai Kelingi

5.Sungai Lakitan

6.Sungai Semangus

7.Sungai Rawas dan

8.Sungai batanghari Leko

Mengapa dinamakan dengan Sungai Musi dan kapan nama tersebut mulai dpakai, tidak ada yangb tahu pasti. Nama Sungai Musi ini terdapat di India terjadinya hubungan Kerajaan Sriwijaya dan kerajaan di India atau nama terseubt diambil dari salah satu bahasa daerah Kayuagung”MUSI berarti IKUT” apakah Musi berati aliran masih perlu penelitian lebih lanjut.

Pada saat menyelusuri Sungai Musi ini kita dapat melihat permukiman penduduk seperti Rumah rakit,PT PUSRI,Pertamina, daerah Bagus Kuning, Masjid Lawang Kidul, Masjid Ki Marogan, Benteng Kuto Besak, Warung Terapung dan kegiatan masyarakat di sepanjang Sungai MUsi tsebut.

Di perairan Sungai Musi ini setiap Hari jadi Kota Palembang dan Hari ulang tahun Proklamasi Kemerdekan RI diadakanlah lomba perahu Bidar dan perahu motorhias. Masyarakat, yang menyaksikan peristiwa tideak hanya masyarakat kota Palembang tetapi juga luar kota Palembang bahkan wasatawan mancanegara.

Untuk menikamti keindahan Sungai Musi dapat menggunakan ketek,speed boat atau untuk rombongan dengan jumlah besar dapat mengunakan kapal wisata sigentar alam dan kapal putri kembang dadar.

Di atas Sungai Musi ini terdapat beragam kegiatan ekonomi warga. Mulai dari restoran terapung, pasar terapung, tempat pengisian bahan bakar minyak terapung dan tentu saja kegiatan menangkap ikan. Karena keindahan Sungai Musi inilah maka kota Palembang disebut juga sebagai Kota Venezia dari Timur. Tempat wisata di Palembang yang satu ini bisa Anda jelajahi menggunakan perahu tradisional.

Sungai musi identik sebagai salah satu landmark kota palembang, keberadaanya sendiri membagi kota ini menjadi seberang ulu dan ilir, pemandangan yang kontras terlihat pada aktivitas perekonomian di kedua bagian kota tersebut, ramai akan kendaraan yang berlalu lalang dimana terlihat dari atas Jembatan Ampera, kondisi ini tentunya juga terlihat jelas pada aliran sepanjang sungai musi di kota palembang yang padat akan pelayaran.

 

Pemerintah kota sendiri setidaknya menyadari sungai musi adalah sebuah potensi wisata unggulan yang ditawarkan kepada para wisatawan yang ingin berkunjung, keseriusan itu terlihat dimana pemerintah telah menata dan mempercantik pinggiran sungai musi, dan menawarkan paket perjalan menarik untuk menyusuri sungai musi.
Serta pada tanggal tanggal tertentu aktivitas perayaan kota palembang akan semakin semarak dimana pertunjukan yang sering di adakan akan berlangsung di sepanjang aliran sungai musi dan jembatan ampera, jika anda berkunjung ke kota palembang sempatkan untuk berwisata dan merasakan menyusuri sepanjang sungai musi.

 

GAMBAR PADA SAAT LOMBA PERAHU HIAS/BIDAR

©

 

PERAHU HIAS

©

AKTIVITAS DI SUNGAI MUSI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s